Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Menggambar Teknik Siswa Kelas X TKR SMK Swasta Bandung-2 Tahun Ajaran 2021/2022

Rumapea, Yunus Adiputra (2022) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Menggambar Teknik Siswa Kelas X TKR SMK Swasta Bandung-2 Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5162321006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5162321006 COVER.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5162321006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5162321006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5162321006 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5162321006 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5162321006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5162321006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5162321006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5162321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5162321006 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5162321006 TABLE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5162321006 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5162321006 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5162321006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5162321006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5162321006 CHAPTER1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5162321006 CHAPTER1.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5162321006 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5162321006 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5162321006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5162321006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2020 tentang pembatasan social berskala besar dalam rangka penanganan covid-19, pembelajaran tatap muka disekolah diliburkan untuk sementara waktu. Maka dengan kondisi tersebut, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses dimanapun dan memenuhi pembelajaran jarak jauh siswa. Sesuai peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, pasal 1 ayat 37. Tujuan Penelitian, yaitu (1) Mengembangkan E-Modul berbantuan Sigil Software pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TKR di SMK Swasta Bandung-2, (2) Mengetahui Kelayakan E-Modul berbantuan Sigil Software pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TKR di SMK Swasta Bandung-2. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian ADDIE dilakukan melalui 5 tahapan yaitu (1) tahap analisis (analisis), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation) dan, (5) tahap evaluasi (evalution). Hasil Penelitian ini menunjukan (1) hasil analisis validasi media pembelajaran berbantuan Sigil Software oleh validator media, validator materi dan validator design pembelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 0,93 tergolong pada kategori validitas tinggi, (2) Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru mata bidang studi dan siswa selaku responden memberikan respon terhadap media pembelajaran berbantuan sigil software pada rentang 3,5 ≤ RS. Nilai tersebut berada pada rentang kategori sangat positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Modul
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:21
Last Modified: 14 Oct 2022 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48394

Actions (login required)

View Item
View Item