Rumapea, Yunus Adiputra (2022) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Menggambar Teknik Siswa Kelas X TKR SMK Swasta Bandung-2 Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162321006 COVER.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
2. NIM. 5162321006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
3. NIM. 5162321006 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
4. NIM. 5162321006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. NIM. 5162321006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM. 5162321006 TABLE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. NIM. 5162321006 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM. 5162321006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
9. NIM. 5162321006 CHAPTER1.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
13. NIM. 5162321006 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. NIM. 5162321006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2020 tentang pembatasan social berskala besar dalam rangka penanganan covid-19, pembelajaran tatap muka disekolah diliburkan untuk sementara waktu. Maka dengan kondisi tersebut, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses dimanapun dan memenuhi pembelajaran jarak jauh siswa. Sesuai peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, pasal 1 ayat 37. Tujuan Penelitian, yaitu (1) Mengembangkan E-Modul berbantuan Sigil Software pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TKR di SMK Swasta Bandung-2, (2) Mengetahui Kelayakan E-Modul berbantuan Sigil Software pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TKR di SMK Swasta Bandung-2. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian ADDIE dilakukan melalui 5 tahapan yaitu (1) tahap analisis (analisis), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation) dan, (5) tahap evaluasi (evalution). Hasil Penelitian ini menunjukan (1) hasil analisis validasi media pembelajaran berbantuan Sigil Software oleh validator media, validator materi dan validator design pembelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 0,93 tergolong pada kategori validitas tinggi, (2) Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru mata bidang studi dan siswa selaku responden memberikan respon terhadap media pembelajaran berbantuan sigil software pada rentang 3,5 ≤ RS. Nilai tersebut berada pada rentang kategori sangat positif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Modul |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48394 |