Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Quiz Online Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X RPL SMK Negeri 9 Medan

Nasution, Risky Permatasari (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Quiz Online Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X RPL SMK Negeri 9 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5173351039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 5173351039 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 5173351039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 5173351039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of 3. 5173351039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 5173351039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. 5173351039 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. 5173351039 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. 5173351039 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. 5173351039 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 6. 5173351039 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. 5173351039 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. 5173351039 LST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. 5173351039 LST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 8. 5173351039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 5173351039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of 12. 5173351039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 5173351039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5173351039 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
13. 5173351039 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pemograman Dasar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz, media pembelajaran berbasis Microsoft Power Point dan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz akan lebih tinggi dibandingkan dengan media berbasis Microsoft Power Point. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X RPL program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 9 Medan pada Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X RPL SMK Negeri 9 Medan dengan sempel kelas sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post – Test, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok Post – Test. Berdasarkan kelayakan modul pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai pembelajaran dengan dibuktikan dengan nilai 4,8 (Sangat Layak) dari ahli media dan nilai 4,7 (Sangat Layak) dari ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar pemograman dasar kelas X RPL pada post – test yaitu 82,81 lebih tinggi dibandingkan dengan pre – test yaitu 53,28. Hasil uji – t juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 10,480 > 1,670. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signitifikan bahwa hasil belajar pemograman dasar post – test dan pre – test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pemograman dasar menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan media pembelajaran berbasis Microsoft power point

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz dan media pembelajaran Microsoft power point hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:44
Last Modified: 13 Oct 2022 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48338

Actions (login required)

View Item
View Item