Nasution, Risky Permatasari (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Quiz Online Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X RPL SMK Negeri 9 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5173351039 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 5173351039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
3. 5173351039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. 5173351039 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. 5173351039 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
6. 5173351039 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. 5173351039 LST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. 5173351039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
12. 5173351039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. 5173351039 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pemograman Dasar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz, media pembelajaran berbasis Microsoft Power Point dan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz akan lebih tinggi dibandingkan dengan media berbasis Microsoft Power Point. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X RPL program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 9 Medan pada Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X RPL SMK Negeri 9 Medan dengan sempel kelas sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post – Test, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok Post – Test. Berdasarkan kelayakan modul pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai pembelajaran dengan dibuktikan dengan nilai 4,8 (Sangat Layak) dari ahli media dan nilai 4,7 (Sangat Layak) dari ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar pemograman dasar kelas X RPL pada post – test yaitu 82,81 lebih tinggi dibandingkan dengan pre – test yaitu 53,28. Hasil uji – t juga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 10,480 > 1,670. Artinya ada perbedaan hasil belajar yang signitifikan bahwa hasil belajar pemograman dasar post – test dan pre – test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pemograman dasar menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan media pembelajaran berbasis Microsoft power point
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran interaktif berbasis game edukasi quiz dan media pembelajaran Microsoft power point hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 03:44 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48338 |