Pengembangan Video Tutorial Teknik Pengurutan Badan (Massage) Pada Siswa Kelas SMK Negeri 8 Medan

Suci, Ashya Luqyana (2022) Pengembangan Video Tutorial Teknik Pengurutan Badan (Massage) Pada Siswa Kelas SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5173144002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5173144002 COVER.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5173144002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5173144002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5173144002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5173144002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5173144002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5173144002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5173144002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5173144002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5173144002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5173144002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5173144002 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5173144002 TABLES.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5173144002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5173144002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5173144002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5173144002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5173144002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5173144002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan produk video tutorial sebagai media pembelajaran materi pengurutan badan (massage). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research & Development), merupakan metode penelitian yang bertujuan mengembangkan dan menguji suatu produk yang akan dihasilkan untuk kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa kuantitatif. Uji validitas dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Ahli materi terdiri dari dua orang dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan yang berkompeten di bidang perawatan badan (body massage) serta satu orang guru bidang studi mata pelajaran perawatan badan (body massage). Sedangkan ahlimedia merupakan tiga orang dosen Fakultas Teknik pada Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa video tutorial materi ajar pengurutan badan (massage) berdasarkan hasil penilaian dari para ahli materi memperoleh skor sebesar 96% artinya materi yang terdapat pada video tutorial tersebut dinyatakan sangat baik. Sedangkan penilaian dari para ahli media, produk yang dikembangkan berupa video tutorial pada materi ajar pengurutan badan (massage) memperoleh skor sebesar 94%, artinya tampilan media yang terdapat pada video tutorial tersebut dinyatakan sangat baik. Berdasarkan hasil uji respon siswa yang dilakukan terhadap tiga kelompok maka dapat diketahui bahwa berdasarkan perhitungan pada ujicoba kelompok kecil hasil keseluruhan mencapai 91%, pada ujicoba kelompok sedang hasil keseluruhan mencapai 92%. Begitu juga dengan perhitungan pada ujicoba kelompok besar mencapai 92%, dengan rata-rata nilai keseluruhan mencapai 92%. Dapat disimpulkan bahwa video tutorial pembelajaran materi pengurutan badan (massage) dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran oleh tenaga pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-RIAS-013
Keywords: Media Pembelajaran; Video Tutorial; Pengurutan Badan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:19
Last Modified: 14 Oct 2022 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48334

Actions (login required)

View Item
View Item