Afriyanni, Ulfa Rizky (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory Pada Siswa Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143141025 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5143141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 5143141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5143141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 5143141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 5143141025 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 5143141025 STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5143141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5143141025 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 5143141025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
11. NIM. 5143141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
15. NIM. 5143141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
16. NIM. 5143141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Program keahlian Tata Busana yang menerapkan sistem pembelajaran teaching factory ialah mata pelajaran produktif seperti Busana Industri. Dilihat dari perencanaan dan pelaksanaannya, model pembelajaran teaching factory pada mata pelajaran ini belum berjalan dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui efektifitas model Pembelajaran teaching factory pada siswa tata busana sebagai model pembelajaran di SMK Negeri 1 Beringin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian dan pengembangan (research & development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin. subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Tata Busana. Objek penelitian ini adalah kegiatan teaching factory dalam mata pelajaran produktif pembuatan celemek. Penelitian pengembangan model pembelajaran Teaching Factory melalui tiga tahap yaitu: 1) Analisis kebutuhan, 2) Pengembangan produk, dan 3) Validasi Ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teaching Factory sudah efektif digunakan pada mata pelajaran produktif seperti busana industri dengan penilaian ahli materi 98,6% dan ahli desain 88%. Setelah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli desain, maka dapat disimpulkan bahwa produk model pembelajaran Teaching Factory yang dikembangkan sudah efektif digunakan sebagai model pembelajaran pada mata pelajaran produktif pada siswa Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BSN-003 |
Keywords: | Model pembelajaran; Teaching Factory |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:28 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48326 |