Mutiara (2021) Efektivitas Pembelajaran melalui Google Classroom pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi di SMK Telkom 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173142026 COVER.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
2. NIM. 5173142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (939kB) | Preview
3. NIM. 5173142026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
4. NIM. 5173142026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
5. NIM. 5173142026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
6. NIM. 5173142026 TABLES.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
7. NIM. 5173142026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
8. NIM. 5173142026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
12. NIM. 5173142026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
13. NIM. 5173142026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
Abstract
Penyebaran Covid-19 di Indonesia sejak awal tahun 2020 berdampak pada segala aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pendidikan. Kemendibud sebagai lembaga yang berwenang mengeluarkan Surat Edaran No. 04 Tahun 2020 terkait Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Sekolah yang berada pada wilayah terdampak Covid-19 melaksanakan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi belajar untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah google classroom. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran melalui google classroom pada mata pelajaran Ilmu Gizi. Lokasi penelitian di SMK Telkom 2 Medan Jalan Halat No. 68, Kota Matsum II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan Sumatera Utara. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September–November 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TB 1 dan X TB 2 sebanyak 52 siswa. Teknik pengambilan sampel secara random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket google form. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data dan uji tingkat efektivitas.
Berdasarkan hasil penelitian ini, menurut respon siswa dalam kemudahan mengakses aplikasi google classroom termasuk pada kategori sangat efektif sebesar 83 persen. Pemahaman materi dalam pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google classroom termasuk pada kategori efektif sebesar 77 persen. Keefektifan penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran daring termasuk pada kategori efektif sebesar 75 persen. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran melalui google classroom pada mata pelajaran Ilmu Gizi termasuk pada kategori efektif sebesar 78 persen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Google Classroom, Ilmu Gizi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:27 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48274 |