Ritonga, Devi Tri Anggina (2022) PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173351011_COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 1173351011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1173351011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 1173351011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1173351011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1173351011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173351011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173351011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173351011_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 1173351011_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 1173351011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan dan merumuskan program bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 responden/siswa kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan dengan pengambilan sampel dilakukan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan angket kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis statisik. Berdasarkan hasil analisis data kecerdasan emosional pada siswa kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan menunjukkan pada umumnya gambaran kecerdasan emosional pada siswa kategori sangat tinggi 7 responden (8%), kategori tinggi 24 responden (28%), kategori sedang 27 responden (31%), kategori rendah 23 responden (27%) dan kategori sangat rendah 5 responden (6%). Gambaran umum kecerdasan emosional pada siswa kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan secara keseluruhan dan didominasikan pada kategori tinggi dan sedang. Hasil analisis yang dilakukan peneliti terhadap dari keseluruhan data dari angket yang teruji kemudian diberikan kepada setiap siswa kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan diperoleh hasil persentase (31%) kategori sedang. Ditinjau berdasarkan jenis kelamin Laki-laki berada pada kategori sangat tinggi 3 siswa (8%), pada kategori tinggi 11 siswa (28%), kategori sedang (15 siswa (38%), kategori rendah 9 siswa (23%), dan kategori sangat rendah 2 siswa (5%). Adapun berdasarkan jenis kelamin perempuan berada pada kategori sangat tinggi 4 siswa (9%), kategori tinggi 13 siswa (28%), kategori sedang 12 siswa (26%), kategori rendah 14 siswa (30%), kategori sangat rendah 3 siswa (7%). Ditinjau dari indikator dengan rata-rata perolerahan skor dari 86 sampel yang dibagikan, berdasarkan 5 indikator yaitu “Membina Hubungan dan Mengelola Emosi” dikatagorikan tinggi dengan perolehan jumlah item 5802, 4243. Dengan katagori rendah untuk indikator yaitu “Mengenali Emosi Diri Sendiri, Memotivasi Diri Sendiri, Mengenali Emosi Orang Lain” dengan perolehan jumlah item 1072, 1760, 1428. Berdasarkan 22 deskriptor disimpulkan deskriptor nomor 22 “Bersikap dewasa dan toleran” persentase tertinggi dengan perolehan jumlah item 1241 (90%) dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan untuk perolehan deksriptor dengan pesentase terendah terdapat pada descriptor nomor 5 “Mampu mengendalikan perilaku agresif yang dapat merusak diri dan orang lain” dengan perolehan jumlah item 275 (80%) kategori sangat rendah. Berdasarkan data diatas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuatkan program tahunan dan program semester terkait dengan bidang pribadi, sosial, dan belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-053 / 152.4 Rit p |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Program Bimbingan dan Konseling; Konseling Keompok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:24 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48205 |