Delani, Desta (2022) Pengembangan Trainer Elektronika Digital Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X TAV SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan 2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5161131008 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. 5161131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. 5161131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4. 5161131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. 5161131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. 5161131008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 5161131008 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. 5161131008 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 5161131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. 5161131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. 5161131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Merancang trainer elektronika digital beserta jobsheet pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Audio Vidio di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan; (2) Mengetahui tingkat kelayakan trainer elektronika digital pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Audio Vidio di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan; (3) Menghasilkan trainer elektronika digital yang dapat memenuhi persyaratan pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini menggunakan matode penelitian pengembangan (research and development). Langkah – langkah pengembangan trainer elektronika digital yang dilakukan dalam pengembangan (Borg & Gall) meliputi : (1) Melakukan studi pendahuluan; (2) Mengidentifikasi Kebutuhan /Tujuan Umum Pembelajaran; (3) Analisis Data Kebutuhan Trainer;(4) Merancang dan Membangun Trainer; (5) Menyusun Jobsheet Penggunaan Trainer; (6) Uji Coba Trainer Elektronika Digital. Objek pada penelitian ini adalah Trainer Elektronika Digital. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi yang berisikan pernyataan – pernyataan validasi. Validasi trainer melibatkan 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 10 orang pengguna (user). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik deskriptif. Hasil penetian adalah Trainer Elektronika Digital yang terdiri dari papan PCB fiber, LED, Header Male, Resistor 220
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Elektronika Digital, Pengembangan, Trainer |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 02:24 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48158 |