INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN DESTILASI

Situmorang, Apri (2021) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN DESTILASI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4162131001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4162131001 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4162131001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4162131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4162131001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4162131001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4162131001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4162131001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4162131001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4162131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4162131001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4162131001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4162131001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4162131001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4162131001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4162131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di jurusan kimia FMIPA universitas negeri medan, bertujuan untuk mengembangkan, menstandarisasi bahan ajar kimia analitik berbasis proyek pada materi destilasi. Kedalam bahan ajar ini diintegrasikan 3 proyek berupa studi literatur dan kegiatan praktikum yang kemudian digabungkan kedalam satu buku. Bahan ajar distandarisasi menggunakan angket validasi BSNP lalu direvisi kemudian diperoleh bahan ajar yang standar. Bahan ajar kemudian diuji coba kepada mahasiswa semester V angkatan 2017. Berdasarkan hasil standarisasi kelayakan bahan ajar didapatkan bahwa hasil rata-rata yang diperoleh untuk kelayakan isi sebesar 3,58; kelayakan bahasa sebesar 3,93; kelayakan penyajian sebesar 3,88; dan kelayakan kegrafikan sebesar 3,42 sehingga diperoleh rata-rata 3,70 yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid sehingga sangat layak digunakan dan tidak perlu direvisi. Kemudian dilakukan uji coba bahan ajar untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, menggunakan uji hipotesis melalui pretes dan postes. Berdasarkan hasil uji coba bahan ajar maka diperoleh persentase hasil belajar mahasiswa rata rata sebesar 80, yang menunjukkan bahwa mahasiswa dapat memahami dan mengerti terhadap bahan ajar berbasis proyek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 090
Keywords: Inovasi pembelajaran; Destilasi; Pembelajaran berbasis proyek; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:46
Last Modified: 28 Sep 2022 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47857

Actions (login required)

View Item
View Item