Hasanah, Zahwa (2021) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4161121027 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4161121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. NIM 4161121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM 4161121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM 4161121027 CONTENS.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM 4161121027 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13. NIM 4161121027 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
14. NIM 4161121027 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning berbasis moodle pada materi pokok fluida dinamis serta menguji kelayakan e-learning yang dihasilkan melaui validasis ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D), menggunakan model Borg and Gall. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa (1) aspek panduan dan informasi e-learning dinilai layak dengan rata-rata 4; (2) aspek kinerja program dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,2; (3) aspek sistematika/estetika dan prinsip reka bentuk dinilai layak dengan rata-rata 4. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa; (1) aspek panduan dan informasi dari e-learning dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,75; (2) aspek konten/materi multimedia dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,5 dan (3) aspek evaluasi dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,5. Hasil respon guru fisika SMA Negeri 1 Air Putih yaitu sangat baik dengan rata-rata 4,3. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok kecil, e-learning yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,18. Hasil uji lapangan pada kelompok besar, e-learning berbasis moodle yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,2. Tingkat keefektifan e-learning berbasis moodle berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain memperoleh 0,72 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian e-learning berbasis moodle pada materi pokok fluida dinamis kelas XI SMA memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 081 |
Keywords: | Moodle; Fluida dinamis; E-learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 07:39 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47846 |