PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI

Hasanah, Zahwa (2021) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161121027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161121027 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161121027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161121027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161121027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161121027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161121027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161121027 CONTENS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161121027 CONTENS.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161121027 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161121027 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161121027 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161121027 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161121027 REFRENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161121027 REFRENCES.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning berbasis moodle pada materi pokok fluida dinamis serta menguji kelayakan e-learning yang dihasilkan melaui validasis ahli, uji coba lapangan dan uji keefektifan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D), menggunakan model Borg and Gall. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa (1) aspek panduan dan informasi e-learning dinilai layak dengan rata-rata 4; (2) aspek kinerja program dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,2; (3) aspek sistematika/estetika dan prinsip reka bentuk dinilai layak dengan rata-rata 4. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa; (1) aspek panduan dan informasi dari e-learning dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,75; (2) aspek konten/materi multimedia dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,5 dan (3) aspek evaluasi dinilai sangat layak dengan rata-rata 4,5. Hasil respon guru fisika SMA Negeri 1 Air Putih yaitu sangat baik dengan rata-rata 4,3. Berdasarkan hasil uji lapangan pada kelompok kecil, e-learning yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,18. Hasil uji lapangan pada kelompok besar, e-learning berbasis moodle yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dengan rata-rata 4,2. Tingkat keefektifan e-learning berbasis moodle berdasarkan perhitungan menggunakan rumus N-gain memperoleh 0,72 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian e-learning berbasis moodle pada materi pokok fluida dinamis kelas XI SMA memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 081
Keywords: Moodle; Fluida dinamis; E-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:39
Last Modified: 26 Sep 2022 07:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47846

Actions (login required)

View Item
View Item