EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA N 7 MEDAN T.P 2020/2021

Lumban Gaol, Tamara Nisya Adinda (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA N 7 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172121034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172121034 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172121034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172121034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172121034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172121034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172121034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172121034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172121034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172121034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172121034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172121034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172121034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di Kelas X Semester I SMA Negeri 7 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas secara acak yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 76,8 yaitu sudah mencapai standar KKM sedangkan kelas kontrol adalah 68 yaitu belum mencapai standar KKM. Hasil analisis uji t menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan e-modul terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Tingkat efektivitas penggunaan e-modul disimpulkan berdasarkan hasil uji Gain yaitu kelas eksperimen dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol dengan kriteria sedang dan berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol sehingga kelas eksperimen memiliki efektivitas yang lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 063
Keywords: Pembelajaran daring; Modul elektronik; Energi; Usaha; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:13
Last Modified: 26 Sep 2022 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47843

Actions (login required)

View Item
View Item