Lumban Gaol, Tamara Nisya Adinda (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA N 7 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172121034 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4172121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
3. NIM. 4172121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 4172121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM. 4172121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 4172121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13. NIM. 4172121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 4172121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di Kelas X Semester I SMA Negeri 7 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas secara acak yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 76,8 yaitu sudah mencapai standar KKM sedangkan kelas kontrol adalah 68 yaitu belum mencapai standar KKM. Hasil analisis uji t menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan e-modul terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Tingkat efektivitas penggunaan e-modul disimpulkan berdasarkan hasil uji Gain yaitu kelas eksperimen dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol dengan kriteria sedang dan berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol sehingga kelas eksperimen memiliki efektivitas yang lebih baik dari kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 063 |
Keywords: | Pembelajaran daring; Modul elektronik; Energi; Usaha; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 04:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47843 |