Rahman, M. (2021) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIA SMA AL FITYAN MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121041 JUDUL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 4141121041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 4141121041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM. 4141121041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM. 4141121041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 4141121041 BAB I.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
12. NIM. 4141121041 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
13. NIM. 4141121041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi yang efektif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas XI MIA SMA Al Fityan Medan T.A 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Variabel komunikasi yang efektif berada dalam kategori sedang dimana nilai rata-rata nilainya adalah 74, sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas XI MIA SMA Al Fityan Medan, berada dalam kategori sedang dimana rata-rata nilainya adalah87. Pada penelitian ini diperoleh koefisien korelasi antara komunikasi yang efektif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas XI MIA SMA Al Fityan Medan rhitung = 0,515 dengan rtabel = 0,162 pada taraf signifikansi ɑ= 0,05, dengan demikian rhitung > rtabel atau nilai rhitung lebih besar daripada rtabel, maka komunikasi yang efektif memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Koefisien determinasi (KD) komunikasi yang efektif adalah sebesar 26,6%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi yang efektif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika kelas XI MIA SMA Al Fityan Medan T.A 2020/2021” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 068 |
Keywords: | Komunikasi; Hasil belajar; Pelajaran fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 08:22 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47790 |