HARAHAP, YULIA (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEI SUKA T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173141037 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 7173141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM. 7173141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 7173141037 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7173141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM. 7173141037 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM. 7173141037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7173141037 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 7173141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM. 7173141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 7173141037 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Rendahnya prestasi belajar siswa” kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Suka. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Suka. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Suka. 3) pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersamaan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Suka T.A 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Proporsional Random Sampling.
Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel Fasilitas Belajar dirumah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan oleh nilai thitung>ttabel (4.802 > 1,6603) dan nilai sgnifikansi (0,000 < 0,05) dan variabel Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Sei Suka dengan nilai thitung>ttabel (7,045 > 1,6603) dan nilai signifikan α (0,000 < 0,05). Sedangkan dari uji hipotesis secara simultan di peroleh hasil bahwa variabel Fasilitas Belajar dirumah dan Motivasi Belajar secara Bersama-sama memilki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Sei Suka dengan nilai Fhitung > Ftabel (62,223 > 3,09) dengan taraf signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien Determinasi di peroleh nilai R Square sebesar 0.562 yang artinya sebesar 56,2% Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Sei Suka dapat dijelaskan melalui Fasilitas Belajar dirumah dan Motivasi Belajar. Sedangkan Sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sei Suka Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 03:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47786 |