USLI, VERA AFRIANI (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
NIM. 7173141036 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM. 7173141036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
NIM. 7173141036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM. 7173141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
NIM. 7173141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
NIM. 7173141036 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
NIM. 7173141036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 7173141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
NIM. 7173141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
NIM. 7173141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi stambuk 2020 belum memiliki motivasi belajar yang tinggi ditandai dengan masih adanya mahasiswa yang kurang aktif dan konsentrasi ketika belajar, kurang memiliki rasa ingin tahu dan antusias, serta kurang percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 85 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan metode Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Penentuan besarnya jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 70 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial, uji hipotesis simultan dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persamaan regresi linear berganda Y=14,210+0,371x_1+0,272x_2+e; (2) Secara parsial Literasi Digital (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020; (3) Secara parsial Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020; (4) Secara simultan Literasi Digital (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020, dengan (5) Kontribusi sebesar 36, 6%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan Literasi Digital (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi Digital, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 01:40 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 01:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47782 |