Maharani, Intan (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS LITERASI SAINS BERBANTUKAN GOOGLE FORM PADA MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173121023 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4173121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM 4173121023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM 4173121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM 4173121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. NIM 4173121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM 4173121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM 4173121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis literasi sains berbantukan google form pada materi Hukum Newton yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D), dengan menggunakan model 4D yang dibatasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Uji skala kecil dan skala besar dilakukan dengan menggunakan google form, Hasil dari validitas isi yang dinilai oleh validator ahli memperoleh nilai yaitu CVR 19,5 dan CVI 0,925 menunjukkan kategori instrumen sangat layak. Pada uji skala kecil diketahui bahwa 11 soal valid dan 9 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 1,04. Daya pembeda 11 soal sangat baik dan 9 soal jelek. Pada tingkat kesukaran 2 soal mudah, 7 soal sedang dan 11 soal sukar. Efektivitas pengecoh diperoleh 6 soal sangat baik, 8 soal baik, 5 soal cukup, dan 1 soal kurang baik Kemudian dari uji lapangan kecil soal dilanjutkan ke skala lebih luas. Pada uji skala lebih luas di dapatkan 10 soal valid dan 1 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 1,04. Tingkat kesukaran soal diperoleh mudah sebanyak 3 soal, sedang 7 soal, dan sukar 1 soal. Daya pembeda sangat baik sebanyak 6 soal, cukup 2 soal, dan jelek 3 soal. Efektivitas pengecoh 9 soal sangat baik dan 2 soal kategori baik. Perolehan nilai siswa rata- rata 72,4. Respon peserta didik terhadap kelayakan instrumen tes 6,6% menilai sangat baik, 50% menilai baik, dan 43,4% menilai cukup baik. Dari kriteria soal dapat disimpulkan bahwa 10 soal di terima, dan 10 soal ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 055 |
Keywords: | Literasi sains; Google form; Hukum newton; Penilaian; Instrumen tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 04:37 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47779 |