Nababan, Eunike Sindy (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SECARA DARING BERBANTUAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA & ENERGI DI KELAS X MIA SMA N 1 P. RAYA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173321014 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 4173321014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 4173321014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 4173321014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 4173321014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. NIM. 4173321014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM. 4173321014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 4173321014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara daring berbantuan media Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X MIA SMA N 1 P.Raya T.A 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretes – Posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 1 Pematang Raya yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas yaitu X MIA 5 sebagai kelas kontrol dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing siswa berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar ranah kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu divalidasi oleh para ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 40,83 dan kontrol 37,22. Hasil uji hipotesis data pretest menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel adalah sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD secara daring berbantuan media edmodo pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaan diberikan postest, nilai rata-rata kelas eksperimen 79,16 dan kelas kontol 65,83. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh adanya rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara daring berbantuan media Edmodo terhadap hasil belajar pada materi Usaha dan Energi di kelas X MIA SMA N 1 Pematang Raya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 061 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran daring; Edmodo; Usaha; Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 08:03 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47762 |