SIMAMORA, NATALYA . K.E. (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173141021 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM. 7173141021 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3. NIM. 7173141021 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM. 7173141021 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
5. NIM. 7173141021 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
6. NIM. 7173141021 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7. NIM. 7173141021 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. NIM. 7173141021 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
9. NIM. 7173141021 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
13. NIM. 7173141021 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM. 7173141021 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadi penurunan indeks prestasi semester (IPS) masasiswa prodi pendidikan ekonomi selama mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pembelajaran E-learning terhadap Prestasi Belajar, pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar, serta Pengaruh Pembelajaran E-learning dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan Fakultas Ekonomi yang beralamat di Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan, Sumatera Utara.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 yang berjumlah 101.Sampel penelitian ini berjumlah 81 mahasiswa dengan teknik penentuan sampel yaitu random sampling.Teknik pengumpulan data terdiri dari Observasi dan Angket, serta data prestasi belajar diperoleh dari daftar nilai Indeks Prestasi Semester (IPS) mahasiswa.Uji valididtas digunakan dengan teknik analisis Product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Croanbach Alpha.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji parsia/uji-t, uji simultan/uji-f dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dari olahan data menggunakan SPSS 22 , diketahui bahwa: (1) pembelajaran e-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung> ttabel yaitu (7,431>1,990) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05; (2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu (5,267>1,990) dengan nilai sig. 0,000<0,05; (3) serta secara simultan pembelajaran e-learning dan disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (76,078>3,11) dengan nilai sig. 0,000<0,05. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,661 yang artinya sebesar 66,1% Pembelajaran E-learning (X1) dan Disiplin Belajar (X2) berkontribusi terhadap Prestasi Belajar (Y) mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. sedangkan sisanya yaitu sebesar 33,9% sipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan ialah Y= 27,329+0,409X1+0,311X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran E-learning, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 07:19 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47712 |