BR GINTING, HERDAYANI (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM . 7172141011 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM . 7172141011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM . 7172141011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM . 7172141011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM . 7172141011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM . 7172141011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM . 7172141011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM . 7172141011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM . 7172141011 BAB I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
13. NIM . 7172141011 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM . 7172141011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.A 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan tahun ajaran 2020 / 2021.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ex-post facto, yaitu metode yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 orang dan sampel penelitian berjumlah 84 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu melalui observasi dan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel,(2,027 > 1,663) dan nilai signifikansi 0,044 < 0,05. Motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel, (5,866 > 1,663) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan media pembelajaran e-learning dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan dengan nilai Fhitung > Ftabel , 42,551 > 3,11 dan sig 0,000 < 0,05.
Berdasarkan temuan pada penelitian maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media pembelajaran e-learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan tahun ajaran 2020 / 2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran e-learning, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 07:33 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47709 |