WARDOYO, AINAYA APRILIA (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173341001 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 7173341001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM 7173341001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 7173341001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM 7173341001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM 7173341001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM 7173341001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7173341001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM 7173341001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
13. NIM 7173341001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM 7173341001 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perbaungan. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah siswa sebanyak 140 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini dengan mengambil 50% dari setiap kelasnya maka jumlah keseluruhan sampel yaitu 71 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan quisioner berupa angket penelitian dan nilai hasil belajar siswa yang berasal dari Ujian Tengah Semester siswa.
Hasil yang diproleh dari Uji t yang dilakukan diketahui bahwa dalam variable lingkungan keluarga, teman sebaya dan motivasi belajar siswa dikatakan bersifat positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang mana dalam lingkungan keluarga thitung (3,771) > ttabel 1,668 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 ,untuk variable teman sebaya diketahui thitung (3,394) > ttabel (1,668) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, untuk variable motivasi belajar nilai thitung (4,650) > ttabel (1,668) dengan nilai signifikansi (0,001<0,05). Dan untuk uji hipotesis secara simultan dengan menggunakan uji F diketahui bahwa lingkungan keluarga, teman sebaya dan motivasi belajar memperoleh nilai fhitung (112,903) > ftabel (2,51) dengan nilai signifikansi sebesar (0,000) < (0,05) maka diketahui setiap variable dapat dikatakan positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Hasil perhitungan regresi berganda yang dilakukan dengan output SPSS 24 diperoleh persamaan regresi Y= 2,776 + 0,337 X1 +0,299 X2 + 0,347 X3. Dari uji regresi tersebut diketahui lingkungan keluarga dapat menaikkan hasil belajar sebesar 33,7%, teman sebaya sebesar 29,9%, motivasi belajar sebesar 34,7% dan dengan nilai koefisien sebesar 2% maka secara keseluruhan apabila ketiga variable diperoleh baik oleh siswa maka siswa akan mampu mendapatkan nilai 100 dalam ujiannya. Hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 83,5% hasil belajar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, teman sebaya dan motivasi belajar dan sisanya 16,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, teman sebaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perbaungan Tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 07:32 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47702 |