YAHYA, MELATI (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMAN 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7171141014 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 7171141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
3. NIM 7171141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. NIM 7171141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 7171141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
6. NIM 7171141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 7171141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7171141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7171141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
13. NIM 7171141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. NIM 7171141014 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan literasi digital dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA N 11 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 11 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa dengan cara teknik simple random sampling .
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan obsevasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas angket dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 16.946 + 0,468 X1 + 0,339 X2+ e. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel (5,852> 1,672) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 <0,05. Literasi digital dalam pembelajaran daring memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel (4,228 > 1,672) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 <0,05. Selanjutnya untuk uji hipotesis secara simultan (uji F) dilakukan dengan membandingkan hasil Fhitung > Ftabel yaitu (43,598 > 3,16). Sehingga diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,605 yang berarti sebesar 60,5% variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap hasil belajar dan 39,5% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan literasi digital dalam pembelajaran daring memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA N 11 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 08:27 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47701 |