ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA KELAS XI MIA PLUS DAN XI MIA REGULER UNGGULAN SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN T.P. 2020/2021

Padang, Rahma Yanti (2021) ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA KELAS XI MIA PLUS DAN XI MIA REGULER UNGGULAN SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171141036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171141036 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171141036 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171141036 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4171141036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4171141036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4171141036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4171141036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171141036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171141036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171141036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171141036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171141036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171141036 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital siswa pada ranah dasar (basic) dalam konteks pembelajaran biologi materi sistem pencernaan, mengidentifikasi ada atau tidaknya perbedaaan literasi digital yang signifikan antara kedua kelas, dan untuk mengetahui peran orang tua, guru biologi, teman kelas, dan motivasi intrinsik terhadap literasi digital siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAS Muhammadiyah 2 Medan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Mia Plus dan XI Mia Reguler Unggulan berjumlah 61 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,65. Hasil uji-t sampel independen [t (59) = 2,917, p = 0,005] menunjukkan bahwa rata-rata skor literasi digital XI Mia Reguler Unggulan secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata skor literasi digital XI Mia Plus. Orang tua, guru biologi, teman kelas, dan motivasi intrinsik berperan dalam membantu mengembangkan literasi digital siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 147
Keywords: Literasi digital; Sistem pencernaan; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:31
Last Modified: 05 Sep 2022 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47699

Actions (login required)

View Item
View Item