Padang, Rahma Yanti (2021) ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA KELAS XI MIA PLUS DAN XI MIA REGULER UNGGULAN SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171141036 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 4171141036 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM. 4171141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 4171141036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
5. NIM. 4171141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 4171141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM. 4171141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
14. NIM. 4171141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital siswa pada ranah dasar (basic) dalam konteks pembelajaran biologi materi sistem pencernaan, mengidentifikasi ada atau tidaknya perbedaaan literasi digital yang signifikan antara kedua kelas, dan untuk mengetahui peran orang tua, guru biologi, teman kelas, dan motivasi intrinsik terhadap literasi digital siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAS Muhammadiyah 2 Medan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Mia Plus dan XI Mia Reguler Unggulan berjumlah 61 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,65. Hasil uji-t sampel independen [t (59) = 2,917, p = 0,005] menunjukkan bahwa rata-rata skor literasi digital XI Mia Reguler Unggulan secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata skor literasi digital XI Mia Plus. Orang tua, guru biologi, teman kelas, dan motivasi intrinsik berperan dalam membantu mengembangkan literasi digital siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 147 |
Keywords: | Literasi digital; Sistem pencernaan; Pembelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:31 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47699 |