PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PEMANFAATAN JAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI EKONOMI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

TAMPUBOLON, CESAR RIO (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PEMANFAATAN JAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI EKONOMI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7171143005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7171143005 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7171143005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7171143005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7171143005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7171143005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7171143005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7171143005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7171143005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7171143005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7171143005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7171143005 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7171143005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7171143005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.7171143005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.7171143005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7171143005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7171143005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7171143005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7171143005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7171143005 BIBLIOGRAPH.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7171143005 BIBLIOGRAPH.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis dimana peneliti menemukan mahasiswa yang mendapatkan nilai C dan nilai E yaitu dengan kategori tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan pemanfaatan jam belajar terhadap hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 88 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto dengan teknik pengumpulan data yaitu data angket/ kuisioner. Uji instrument penelitian ini menggunakan uji validitas, dan reliabilitas. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikoloniearitas.
Dari hasil penelitian, diperoleh Minat Belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,187 lebih besar dari ttabel 1,998 dengan taraf signifikansi ɑ 0,001 < 0,05. Pemanfaatan Jam Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,002 lebih besar dari ttabel 1,998 -dengan taraf signifikansi ɑ 0,000 < 0,05. Secara simultan (Uji F) ditunjukkan dengan nilai hasil Fhitung sebesar 5,509 > Ftabel 3,10 taraf signifikansi 0,000 < 0.05, sehingga dapat dikatakan hipotesis diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,433 artinya persentasi sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 43,3% dan sisanya sebesar 56,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat Belajar, Pemanfaatan Jam Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:06
Last Modified: 01 Sep 2022 02:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47664

Actions (login required)

View Item
View Item