TAMPUBOLON, CESAR RIO (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PEMANFAATAN JAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI EKONOMI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171143005 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 7171143005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
3. NIM. 7171143005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM. 7171143005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 7171143005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 7171143005 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 7171143005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM.7171143005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7171143005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
13. NIM. 7171143005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 7171143005 BIBLIOGRAPH.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis dimana peneliti menemukan mahasiswa yang mendapatkan nilai C dan nilai E yaitu dengan kategori tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan pemanfaatan jam belajar terhadap hasil belajar.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 88 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto dengan teknik pengumpulan data yaitu data angket/ kuisioner. Uji instrument penelitian ini menggunakan uji validitas, dan reliabilitas. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikoloniearitas.
Dari hasil penelitian, diperoleh Minat Belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,187 lebih besar dari ttabel 1,998 dengan taraf signifikansi ɑ 0,001 < 0,05. Pemanfaatan Jam Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,002 lebih besar dari ttabel 1,998 -dengan taraf signifikansi ɑ 0,000 < 0,05. Secara simultan (Uji F) ditunjukkan dengan nilai hasil Fhitung sebesar 5,509 > Ftabel 3,10 taraf signifikansi 0,000 < 0.05, sehingga dapat dikatakan hipotesis diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,433 artinya persentasi sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 43,3% dan sisanya sebesar 56,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Pemanfaatan Jam Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:06 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47664 |