ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018 DENGAN METODE PERKULIAHAN ONLINE PADA MATA KULIAH EKOLOGI DI FMIPA UNIMED

Mungkur, Neni Krisyanti (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018 DENGAN METODE PERKULIAHAN ONLINE PADA MATA KULIAH EKOLOGI DI FMIPA UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173341047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173341047 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173341047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173341047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173341047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173341047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173341047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173341047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173341047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173341047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173341047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173341047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173341047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173341047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173341047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173341047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh merupakan suatu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mencegah penularan virus covid-19. Pembelajaran jarak jauh dilakukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, meskipun pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka dan Universitas Negeri Medan merupakan perguruan tinggi yang menerapkannya sebagai suatu metode perkuliahan. Perkuliahan online diterapkan dengan memanfaatkan berbagai media teknologi. Metode perkuliahan yang berbeda dengan pembelajaran face to face menuntut mahasiswa untuk belajar dan beradaptasi dengan kondisi pembelajaran online. Tentunya hal ini mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dimana hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi, yaitu penerapan social distancing memaksa sekolah untuk diliburkan untuk mencegah penyebaran covid-19, peserta didik dituntut untuk beradaptasi dengan pembelajaran yang dilakukan secara online, kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan secara online membuat peserta didik mengalami kesulitan untuk mengikuti proses pembelajaran, adanya persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa pembelajaran online tidak efektif dilakukan untuk perkuliahan, dan terdapat hasil belajar kognitif peserta didik yang rendah pada pembelajaran yang dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dan persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 terhadap metode perkuliahan online pada mata kuliah ekologi. Penelitian ini dilakukan secara online di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan pada bulan Januari sampai April 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 sampel yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan laporan analisis dokumen DPNA mata kuliah ekologi secara online dari dosen pengampu dan angket yang diperoleh secara online melalui Pembelajaran Jarak Jauh merupakan suatu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mencegah penularan virus covid-19. Pembelajaran jarak jauh dilakukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, meskipun pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka dan Universitas Negeri Medan merupakan perguruan tinggi yang menerapkannya sebagai suatu metode perkuliahan. Perkuliahan online diterapkan dengan memanfaatkan berbagai media teknologi. Metode perkuliahan yang berbeda dengan pembelajaran face to face menuntut mahasiswa untuk belajar dan beradaptasi dengan kondisi pembelajaran online. Tentunya hal ini mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dimana hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi, yaitu penerapan social distancing memaksa sekolah untuk diliburkan untuk mencegah penyebaran covid-19, peserta didik dituntut untuk beradaptasi dengan pembelajaran yang dilakukan secara online, kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan secara online membuat peserta didik mengalami kesulitan untuk mengikuti proses pembelajaran, adanya persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa pembelajaran online tidak efektif dilakukan untuk perkuliahan, dan terdapat hasil belajar kognitif peserta didik yang rendah pada pembelajaran yang dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dan persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 terhadap metode perkuliahan online pada mata kuliah ekologi. Penelitian ini dilakukan secara online di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan pada bulan Januari sampai April 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 sampel yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan laporan analisis dokumen DPNA mata kuliah ekologi secara online dari dosen pengampu dan angket yang diperoleh secara online melalui Pembelajaran Jarak Jauh merupakan suatu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mencegah penularan virus covid-19. Pembelajaran jarak jauh dilakukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, meskipun pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka dan Universitas Negeri Medan merupakan perguruan tinggi yang menerapkannya sebagai suatu metode perkuliahan. Perkuliahan online diterapkan dengan memanfaatkan berbagai media teknologi. Metode perkuliahan yang berbeda dengan pembelajaran face to face menuntut mahasiswa untuk belajar dan beradaptasi dengan kondisi pembelajaran online. Tentunya hal ini mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dimana hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi, yaitu penerapan social distancing memaksa sekolah untuk diliburkan untuk mencegah penyebaran covid-19, peserta didik dituntut untuk beradaptasi dengan pembelajaran yang dilakukan secara online, kelemahan dari pembelajaran yang dilakukan secara online membuat peserta didik mengalami kesulitan untuk mengikuti proses pembelajaran, adanya persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa pembelajaran online tidak efektif dilakukan untuk perkuliahan, dan terdapat hasil belajar kognitif peserta didik yang rendah pada pembelajaran yang dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa, faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, dan persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 terhadap metode perkuliahan online pada mata kuliah ekologi. Penelitian ini dilakukan secara online di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan pada bulan Januari sampai April 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 sampel yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan laporan analisis dokumen DPNA mata kuliah ekologi secara online dari dosen pengampu dan angket yang diperoleh secara online melalui media whatsApp, dimana data angket didistribusikan melalui google forms. Nilai DPNA akan dianalisis dalam bentuk rata-rata nilai yang kemudian dikategorikan berdasarkan Buku Pedoman UNIMED Tahun Akademik 2019-2020. Data angket yang diperoleh diolah dan dianalisis secara statistik deskriptif dan persentase guna mengetahui persepsi dan faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar dan persepsi mahasiswa akan dikorelasikan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20 untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa baik, dimana 53% mahasiswa memperoleh nilai sangat kompeten, 47% mahasiswa memperoleh nilai kompeten dan tidak ada mahasiswa yang memperoleh nilai cukup dan tidak kompeten. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa terdiri dari faktor fisiologis, menunjukkan bahwa kondisi kesehatan mahasiswa baik selama mengikuti perkuliahan. Faktor psikologis, menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki keinginan yang tinggi mengikuti perkuliahan online, memperhatikan materi yang disampaikan oleh dosen, mempersiapkan diri sebelum proses pembelajaran dimulai dan mahasiswa memiliki konsentrasi yang baik sehingga mahasiswa dapat memahami setiap materi yang disampaikan. Faktor keluarga yang mencakup keadaan ekonomi, cara orang tua mendidik, dan suasana rumah sangat mendukung untuk menunjang proses perkuliahan. Faktor instrumental yang berhubungan dengan alat, media dan strategi pembelajaran yang digunakan baik, sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang menarik. Faktor yang terakhir adalah faktor lingkungan mahasiswa, menunjukkan bahwa teman sebaya mampu mendorong timbulnya motivasi belajar mahasiswa dan bentuk kehidupan masyarakat seperti lingkungan yang tentram dapat meningkatkan konsentrasi dari mahasiswa. Persepsi mahasiswa terhadap metode perkuliahan online pada mata kuliah ekologi adalah baik (74%). Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa mayoritas hasil belajar mahasiswa memiliki hasil belajar yang kompeten, dimana hasil belajar yang diperoleh dipengaruhi oleh faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor keluarga, faktor instrumental, dan faktor lingkungan mahasiswa. Persepsi dari mahasiswa terhadap metode perkuliahan online termasuk dalam kriteria baik, dimana interaksi mahasiswa dengan dosen dan sesama mahasiswa berjalan dengan baik dan suasana belajar aktif, umpan balik yang cepat serta fleksibilitas waktu mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang metode perkuliahan online. Hasil belajar, faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa dapat digunakan sebagai referensi dalam penerapan perkuliahan online, sehingga metode perkuliahan online dapat diterapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 144
Keywords: Perkuliahan online; Hasil belajar; Persepsi mahasiswa; Ekologi; Model pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:55
Last Modified: 29 Aug 2022 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47659

Actions (login required)

View Item
View Item