BR. SINULINGGA, EVA ULINA (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI DISIPLIN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PATUMBAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171142004 COVER.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2. NIM 7171142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
3. NIM. 7171142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 7171142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM. 7171142004 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 7171142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 7171142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 7171142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM.7171142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
13. NIM. 7171142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
14. NIM. 7171142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Disiplin Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Patumbak.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak yang berjumlah 84 siswa. Teknik total sampling atau jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner untuk variabel minat belajar, disiplin belajar, dan test hasil belajar. Angket tersebut terdiri dari 8 item pernyataan untuk variabel minat belajar, 8 item pernyataan untuk variabel disiplin belajar dan 10 item pertanyaan untuk variabel hasil belajar. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut disebarkan untuk menguji validitas dan reliabilitasnya di SMK Negeri 1 Medan. Selanjutnya dilakukan uji outer model, uji inner model, uji hipotesis pengaruh langsung, dan uji hipotesis tidak langsung dengan menggunakan program smartpls 3.0.
Dari hasil analisis diketahui bahwa uji outer model dan uji inner model telah terpenuhi maka penelitian layak untuk dilanjutkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Patumbak dengan path coefficient sebesar 0,557 dan P-Value <0,05 yaitu 0,000 serta nilai T Statistic >1,989 yaitu 3,726. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap disiplin belajar siswa akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Patumbak dengan path coefficient sebesar 0,739 dan P-Value <0,05 yaitu 0,000 serta nilai T Statistic >1,989 yaitu 13,465. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Patumbak dengan path coefficient sebesar 0,699 dan P-Value <0,05 yaitu 0,000 serta nilai T Statistic >1,989 yaitu 5,987. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar melalui disiplin belajar siswa akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Patumbak dengan path coefficient sebesar 0,517 dan P-Value <0,05 yaitu 0,000 serta nilai T Statistic >1,989 yaitu 5,332.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Partial Least Square (PLS). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47648 |