GUSTIAN, ADE MULYA PUTRA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KETERAMPILAN 2C (CRITICAL THINKING DAN CREATIVE THINKING) DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MENERAPKAN PENGOPERASIAN APLIKASI PRESENTASI KELAS X SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P.2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173144001 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 7173144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 7173144001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 7173144001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 7173144001 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 7173144001 TABELS.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 7173144001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7173144001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 7173144001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 7173144001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 7173144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan 2C (Berfikir Kritis dan kreatif) dan hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran treffinger. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen kuasi (Quasi Experiment) dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger. Subjek penelitian ini melibatkan 33 peserta didik kelas X OTKP 3 sebagai kelas kontrol dan 33 peserta didik kelas X OTKP 4 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan yang berbeda menggunakan alat ukur yang sama. Desain penelitian menggunakan control group pre-test-post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan menggunakan essay test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Presentase peningkatan N-Gain menunjukan adanya peningkatan keterampilan 2C (Berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif) pada kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran treffinger sebesar 0,81 atau 81% kategori efektif dan peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,87 atau 87% kategori efektif. Kesimpulan penelitian ini terdapat peningkatan yang efektif secara signifikan Model Pembelajaran Treffinger terhadap keterampilan 2C (Berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif) dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Treffinger, Keterampilan 2C, Berfikir kritis, berfikir kreatif, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 01:19 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 01:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47635 |