ERMALIZA, RIZKI (2021) STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X SMK ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7163344032 JUDUL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 7163344032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
3. NIM. 7163344032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 7163344032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 7163344032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 7163344032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 7163344032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7163344032 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
12. NIM. 7163344032 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM. 7163344032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian komparatif yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas X SMK Eria Medan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Discovery Learning. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X AP SMK Eria Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Dimana kelas yang menjadi sampel penelitian ini yaitu kelas X AP 1 dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan model pembelajaran Discovery Learning, maka ada satu (1) kelas yang akan di teliti berjumlah 26 orang.
Hasil Belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran creatif problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran creatif problem solving diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dari postes sebesar 80,77 dengan standar deviasi 9,73, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning diperoleh rata-rata postes sebesar 75,12 dengan standar deviasi 13,56.
Ada perbedaan hasil belajar kearsipan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran creatif problem solving dan hasil belajar dari model pembelajaran discovery learning. Hal ini terlihat dari uji hipotesis diperoleh thitung =1,878 dan ttabel =1,68 pada taraf α=0,05 dan dk=26+26-2=50. Jika thitung dibandingkan dengan ttabel diperoleh thitung >ttabel sebesar (1,878>1,68). Sehingga dapat dikatakan “ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran creative problem solvng dengan model pembelajaran discovery learning di X SMK Eria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Creative Problem Solving, Discovery Learning, hasil belajar Kearsipan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47627 |