NABILA, RANA (2022) ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK ISTIQLAL DELI TUA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173344044 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 7173344044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM 7173344044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 7173344044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM 7173344044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7173344044 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7. NIM 7173344044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
11. NIM 7173344044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
12. NIM 7173344044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah keterampilan mengajar guru dan media pembelajaran e-learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 64 siswa, yang dimana seluruh populasi merupakan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, penyebaran kuesioner angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir kuesioner ini menggunakan rumus korelasi Product Moment, reliabilitas dilakukan uji menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, analisis Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi.
Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20 menunjukkan hasil regresi berganda diperoleh Y = 24,148 + 0,427 X1 + 0,277 X2 + e. Hasil uji t menunjukkan Keterampilan Mengajar Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar (Y) dengan perolehan nilai thitung 3.897 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 . Kemudian Media Pembelajaran E-learning (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan perolehan thitung 2.985 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,004 < 0,05,. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,326 atau 32,6% variabel X memengaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.
Dari hasil penelitian maka dibuktikan bahwa Keterampilan Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Media Pembelajaran E-learning, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 01:09 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 01:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47623 |