Bukit, Servista (2022) Pengembangan Modul PPKn Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN 101835 Sibolangit T.A 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206182032 COVER.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
3. 8206182032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2. 8206182032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4. 8206182032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
5. 8206182032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
6. 8206182032 TABLES.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
7. 8206182032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
8. 8206182032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
9. 8206182032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
13. 8206182032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
14. 8206182032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (four-D) yang dikembangkan oleh Sivasilam Thiagarajan dalam empat tahap, yaitu Definition, Design, Development, dan Disseminate.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Modul PPKn berbasis CTL yang layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit T.A 2021/2022. Hasil penilaian kelayakan modul PPKn berbasis CTL oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 90,63% dengan kriteria Sangat Layak. Hasil penilaian kelayakan modul PPKn berbasis CTL oleh ahli desain memperoleh persentase 93,75% dengan kriteria Sangat Layak. Hasil penilaian kelayakan modul PPKn berbasis CTL oleh ahli bahasa memperoleh persentase 96,88% dengan kriteria Sangat Layak. Modul PPKn berbasis CTL di uji cobakan untuk mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit T.A 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Hasil penilaian kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit pada kondisi awal sebesar 48,6% dengan kriteria kurang mandiri dan setelah penggunaan modul PPKn berbasis CTL diperoleh penilaian kemandirian belajar siswa sebesar 86% dengan kriteria Sangat Mandiri. Dengan demikian terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit sebesar 37,4%. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh n-gain score kemandirian belajar siwa sebesar 0,72 yang tergolong tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Buk p |
Keywords: | Pengembangan Modul; PPKn; CTL; Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:39 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47554 |