Noviati, Yuni (2022) Pengembangan Tes Objektif Mata Pelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Di Kelas IV SDN 101976 Bandar Kuala. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186181017 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. 8186181017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. 8186181017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. 8186181017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5. 8186181017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. 8186181017 TABLES.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. 8186181017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8. 8186181017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. 8186181017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. 8186181017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
14. 8186181017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes berbasis KPS siswa kelas IV SDN
101976 Bandar Kuala pada materi Gaya yang memiliki kualifikasi baik (tes standar)
meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas
pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development
reserch), dengan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang
digunakan adalah kualaitatif dan kuantitatif. Hasil persentasi keidelan rata-rata
98,1%. Hasil analisis kuantitaif kualitas tes soal berbasis KPS adalah baik. Analisis
40 butir soal pada uji kelompok kecil diperoleh 35 butir soal (87,5%) diterima dan
5 butir soal(12,5%) ditolak. Uji kelompok besar diperoleh 34 butir soal valid
(97,1%), soal tidak valid 1 butir soal tidak valid (2,9%). relibialitas soal termasuk
dalam kategori “sangat tinggi” dengan nilai sebesar 0,801. pada tingkat kesukaran
soal dengan kategori sulit 1 butir soal (2,8%), kategori sedang 30 butir soal (85,8%),
kategori mudah 4 butir soal (11,4%) daya pembeda soal dengan kategori baik 34
butir soal (97,1%), dengan kategori cukup 0 butir soal (0%), dengan kategori jelek
1 butir soal (2,9%) tingkat kefektivan pengecoh dengan kategori efektif 34 butir
soal (97,1%) dan kategori tidak efektif 1 butir soal (2,8%). Dari data diatas dapat di
akumulasikan bahwa 34 butir soal dapat diterima (97,1%) dan 1 butir soal ditolak
(2,8%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Nov p |
Keywords: | Instrument tes berbasis KPS; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47550 |