Ritonga, Marito (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Deli Tua. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8206165004 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2 NIM. 8206165004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3 NIM. 8206165004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4 NIM. 8206165004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5 NIM. 8206165004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6 NIM. 8206165004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7 NIM. 8206165004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8 NIM. 8206165004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9 NIM. 8206165004 BAB I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
13 NIM. 8206165004 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14 NIM. 8206165004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Media merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan dalam
pembelajaran. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran seyogyanya mampu
untuk menyedia media pembelajaran yang layak digunakan proses belajar
mengajar. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi lapangan ditemukan bahwa
masih kurangnya penggunaan media terutama media berbasis teknologi dalam
pembelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan
dan mengimplementasikan media pembelajaran ekonomi berbasis articulate
storyline untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1
Deli Tua. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan
metode ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Deli Tua, dengan
populasi kelas XI IPS. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan penilaian yang
dilakukan ahli validasi dan respon pengguna diperoleh rata-rata presentse
penilaian 92% “Sangat Layak” shingga disimpulkan media pembelajaran ekonomi
Articulate Storyline yang dkembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid)
digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi kelas XI IPS. Rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen adalah 88,00 dan kelas kontrol 69,69. Perolehan uji
independent t-test 9,623>1,9955 dengan sig. 0,00 < 0,05 dan media dapat
membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran ekonomi articulate storyline yang
dikembangkan efektif digunakan untuk membantu siswa meningkatkan hasil
belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Deli Tua.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Rit p |
Keywords: | Articulate Storyline; Pengembangan Media; Media Pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 05:36 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 05:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47494 |