Siregar, Yenni Padila (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206171001 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. 8206171001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. 8206171001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. 8206171001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. 8206171001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. 8206171001 TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7. 8206171001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
8. 8206171001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. 8206171001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8206171001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. 8206171001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual menggunakan hypercontent, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, Tes Pemecahan masalah dan Angket Disposisi. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-1 dan uji coba II di kelas VII-2 MTs N 3 Tapanuli Selatan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan hypercontent meliputi RPP, BS, LKPD, TKPM, Angket Disposisi Matematis yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid; (2) Kepraktisan Perangkat pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan hypercontent yang dikembangkan diperoleh bahwa: perangkat dapat dipergunakan dengan sedikit revisi dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di kelas diperoleh rata-rata nilai praktis, reliabilitas instrument perangkat baik; (3) Keefektifan Perangkat pembelajaran berbasis kontekstual menggunakan hypercontent yang dikembangkan menunjukkan ketuntasan klasikal pretest siswa pada uji coba I sebesar 46,87% dan posttest 81,25%. Sedangkan pretest siswa pada uji coba II sebesar 43,75% dan posttest 90,63%, lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan;
(4) Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang dikembangkan meningkat ditinjau dari rata-rata pretest, posttest dan N-Gain
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sir p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; model 4-D; Pendekatan Kontekstual; kemampuan pemecahan masalah; disposisi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 03:01 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47469 |