Junita, Wulan (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII di SMP Muhammadiyah-16 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186122019 COVER.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
2. 8186122019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. 8186122019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 8186122019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 8186122019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 8186122019 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 8186122019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 8186122019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 8186122019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 8186122019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. 8186122019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran bahasa inggris; b) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: a) kelayakan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran bahasa inggris diperoleh validasi ahli media dengan mean skor rata-rata 4.45 dengan persentase
89% interpretasi sangat layak; validasi ahli desain dengan mean skor rata-rata 4.6 dengan persentase 92% interpretasi sangat layak; validasi ahli materi dengan mean skor rata-rata 4.5 dengan persentase 90% interpretasi sangat layak; uji coba siswa perseorangan dengan mean skor rata-rata 4.3 dengan persentase 86% interpretasi akseptansi sangat tinggi; uji coba kelompok siswa dengan mean skor rata-rata 4.5 dengan persentase 90% interpretasi akseptansi sangat tinggi. b) keefektifan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran bahasa inggris menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran bahasa inggris dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran bahasa inggris pada taraf signifikansi 0.05 atau 5%. Hasil dari perhitungan Uji-T pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3.225 > 1.677. Terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen lebih tinggi dengan perolehan skor rata-rata sebesar 88% dari pada hasil belajar posttest kelas kontrol dengan perolehan skor rata-rata sebesar 64%. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.334 Jun p |
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran; Web; Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:06 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47459 |