Rahman, Aulia (2022) Pengembangan Bahan Ajar PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214081012 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 8214081012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 8214081012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8214081012 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 8214081012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 8214081012 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8214081012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8214081012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8214081012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 8214081012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. NIM. 8214081012 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul PPKn berbasis animasi. Selama ini guru belum merancang bahan ajar yang bervariasi sehingga siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran dan dampaknya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) Menghasilkan Modul PPKn berbasis animasi di Kelas V SD Negeri 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam sesuai dengan KI dan KD pada Kurikulum 2013, (2) Modul PPKn berbasis animasi mampu meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam dan sebagai objek penelitiannya adalah bahan ajar PPKn yang dikembangkan yang menghasilkan produk berupa Modul PPKn berbasis Animasi. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa instrumen, yaitu instrumen kevalidan modul oleh validator. Kepraktisan modul bagi guru dan siswa, tes hasil belajar. Modul PPKn berbasis animasi mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKn sehingga pembelajaran menjadi lebih berkesan dan menyenangkan bagi siswa serta berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar PPKn siswa kelas V di SD Negeri 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam. Hasil belajar yang dicapai siswa menujukkan kenaikan yang dilakukan melalui uji N-Gain dengan skor 0,629 dengan kategori sedang pada tafsiran kategori cukup efektif dengan persentase sebesar 63%. Kesimpulan Modul PPKn berbasis animasi valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran PPKn materi Hak, kewajiban dan tanggung jawab pada Kelas V SD Negeri 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam. Modul PPKn berbasis animasi ini belum diimplementasikan secara luas berarti masih digunakan pada tahap penelitian saja. Modul ini dapat diimplikasikan pada sekolah lain dengan topik dan muatan pelajaran lain pada materi yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Rah p |
Keywords: | Modul PPKn; Animasi dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 10:09 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47451 |