Siregar, Novi Ismaliza (2021) Problematika Guru dalam Menerapkan Pendekatan TPACK sebagai Karakteristik Guru Abad 21 di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311095_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1173311095_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 1173311095_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1173311095_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 1173311095_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1173311095_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM. 1173311095_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 1173311095_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173311095_BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
13. NIM. 1173311095_BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM. 1173311095_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam menerapkan pendekatan TPACK sebagai karakteristik guru abad 21 di kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan dari aspek pengetahuan, aspek sarana/prasarana, dan aspek pelatihan dan pendampingan. Hal ini dilakukan berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan pada 16 November diperoleh bahwa beberapa guru telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di kelas. Namun, beberapa guru belum mampu memadukan kemampuan teknologi, pedagogik, dan konten secara efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, studi dokumentasi, dan angket atau kuesioner. Untuk wawancara terdiri dari 14 pertanyaan dan untuk angket atau kuesioner terdapat 7 komponen dan 33 butir pertanyaan. Responden dalam penelitian ini adalah 3 guru SD kelas IV yang berada pada Gugus III Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: problematika guru dalam merapkan pendekatan TPACK sebagai karakteristik guru abad 21 di kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, sebagai berikut: (1) dari aspek pengetahuan, guru belum memiliki pemahaman yang cukup untuk menguasai teknologi dalam pembelajaran, (2) dari aspek sarana/prasarana, belum memadai di setiap sekolah untuk melakukan pembelajaran berbasis teknologi, dan (3) dari aspek pelatihan dan pendampingan, kurangnya pelatihan dan pendampingan yang di dapatkan guru untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-033 |
Keywords: | Problematika; TPACK; Guru Abad 21; SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 03:29 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47365 |