Hikmah, Sri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Scan Barcode Interaktif Pada Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat Kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111022_COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 1182111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 1182111022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 1182111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM. 1182111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 1182111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 1182111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 1182111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1182111022_BAB I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
13. NIM. 1182111022_BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM. 1182111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui validitas media pembelajaran
video animasi berbasis scan barcode interaktif, 2) Mengetahui praktikalitas media
pembelajaran video animasi berbasis scan barcode interaktif, 3) Mengetahui
efektifitas media pembelajaran video animasi berbasis scan barcode interaktif
pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat kelas V berdasarkan hasil uji coba
lapangan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis scan barcode interaktif pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat, menunjukkan hasil validasi media oleh validator ahli media memperoleh hasil persentase kelayakan 85% kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi materi oleh validator ahli materi memperoleh hasil persentase kelayakan 90% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase 93,33% kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil 4,25 kategori “Sangan Baik”. Berdasarkan hasil uji keefektifan diketahui bahwa setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata – rata siswa meningkat dari awal rata – rata sebelum menggunakan media yaitu 49,6% kategori “Kurang” dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 90% kategori “Baik Sekali” dengan kriteria ketuntasan “Tuntas” dan “Sangat Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa media media video animasi berbasis scan barcode interaktif yang dikembangkan peneliti sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan pada Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat Kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Video Animasi; Scan Barcode Interaktif; Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat; Kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:37 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47349 |