Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Scan Barcode Interaktif Pada Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat Kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2021/2022

Hikmah, Sri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Scan Barcode Interaktif Pada Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat Kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1182111022_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1182111022_COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1182111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1182111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1182111022_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1182111022_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1182111022_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1182111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1182111022_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1182111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1182111022_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1182111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1182111022_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1182111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1182111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1182111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1182111022_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1182111022_BAB I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1182111022_BAB II.pdf] Text
10. NIM. 1182111022_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 1182111022_BAB III.pdf] Text
11. NIM. 1182111022_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 1182111022_BAB IV.pdf] Text
12. NIM. 1182111022_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM. 1182111022_BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1182111022_BAB V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1182111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1182111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 15. NIM. 1182111022_LAMPIRAN.pdf] Text
15. NIM. 1182111022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui validitas media pembelajaran
video animasi berbasis scan barcode interaktif, 2) Mengetahui praktikalitas media
pembelajaran video animasi berbasis scan barcode interaktif, 3) Mengetahui
efektifitas media pembelajaran video animasi berbasis scan barcode interaktif
pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat kelas V berdasarkan hasil uji coba
lapangan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis scan barcode interaktif pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat, menunjukkan hasil validasi media oleh validator ahli media memperoleh hasil persentase kelayakan 85% kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi materi oleh validator ahli materi memperoleh hasil persentase kelayakan 90% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase 93,33% kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil 4,25 kategori “Sangan Baik”. Berdasarkan hasil uji keefektifan diketahui bahwa setelah menggunakan media yang dikembangkan, nilai rata – rata siswa meningkat dari awal rata – rata sebelum menggunakan media yaitu 49,6% kategori “Kurang” dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 90% kategori “Baik Sekali” dengan kriteria ketuntasan “Tuntas” dan “Sangat Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa media media video animasi berbasis scan barcode interaktif yang dikembangkan peneliti sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan pada Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat Kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Video Animasi; Scan Barcode Interaktif; Tema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku Sehat; Kelas V Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:37
Last Modified: 03 Oct 2025 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47349

Actions (login required)

View Item
View Item