Maisyaroh, - (2021) Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Toontastic Pada Tema 8 Subtema 2 Kelas Iv Mis Darul Hikmah Kota Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311081_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311081_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 1173311081_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 1173311081_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 1173311081_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1173311081_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173311081_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1173311081_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173311081_BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM. 1173311081_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1173311081_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan terhadap media pembelajaran video animasi toontastik PPKn yang dikembangkan berbasis Kooperatif-STAD pada materi keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari kelas IV MIS Darul Hikmah. Model penelitian ini menggunakan model 4D (Four D Models) yang disarankan oleh Thiagarajan yaitu Define (pendefinisian) Design (perancangan) Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi Toontastic pada materi keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari kelas IV mis darul hikamah “sangat layak” dengan total yang diberikan oleh ahli materi 86 termasuk kedalam kategori “sangat layak” selanjutnya hasil validasi ahli media pembelaajaran dengan skor yang di dapatkan yaitu 86 dan maasuk ke dalam kategori “sangat layak”. Pada tahap uji coba produk untuk melihat kevalidan dan kelayakan dari media yang digunakan berdasarkan respon guru wali kelas IV produk media video animasi Toontastic dengan presentase skor 85,71% termasuk kategori “sangat layak” ditinjau dari produk yang dikembangkan. Produk yang telah divalidasi selanjutnya diuji cobakan kepada siswa kelas IV untuk melihat kelayakan produk media video animasi Toontastic banyak siswa memilih “Ya” dengan presentase skor yang didapat 85,71% termasuk kategori “sangat layak” . maka dapat di disimpulkan bahwa bahan media video animasi Toontastic berbasis kooperatif stad pada materi ke beragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari kelas IV MIS Darul Hikmah kota Medan layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-039 |
Keywords: | Media Video Animasi Toontastic; Kooperatif STAD; PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 05:09 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47293 |