Sipahutar, Hanna Laily (2022) Kompetesi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Bagi Anak TK Di Kecamatan Rantau Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1163113009_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163113009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 1163113009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 1163113009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1163113009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 1163113009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1163113009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1163113009_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
12. NIM. 1163113009_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM. 1163113009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Kompetensi pedagogik sangat penting dikuasai oleh guru guna kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru sangat berperan penting untuk para peserta didik, sehingga kwalitas peserta didik berada ditangan para pendidiknya. Guru yang mempunyai kompetensi pedagogik yang bagus tentu akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelas. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah:, 1) Bagaimana kemampuan guru TK dalam merencanakan pembelajaran di Kecamatan Rantau Utara? dan 2) Bagaimana kemampuan guru TK melaksanakan pembelajaran di Kecamatan Rantau Utara ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Mengetahui tingkat kemampuan guru TK dalam merencakan pembelajaran di Kecamatan Rantau Utara, dan 2) Kemampuan guru TK melaksanakan pembelajaran di Kecamatan Rantau Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala penilaian berupa instrumen penilaian kemampuan mengajar guru. Observasi digunakan untuk mengukur kompetensi pedagogik guru. Dalam kompetensi pedagogik,aspek-aspek yang diobservasi diantara lain tentang : (a) Kemampuan guru renencanakan pembelejaran dan melaksankana pembelajaran (b) pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statitstik deskriptif dengan cara, menskor setiap indikator lembar kuesioner dengan kriteria dan menghitung nilai persentase tiap subvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97 % guru TK di Kecamatan Rantau Utara memiliki kelengkapan dalam merencanakan pembelajaran. Kemampuam guru merencanakan pembelajaran dalam kategori Sangat Baik (86.98%). Dan sebanyak 93,62 % guru memiliki kelengkapan dalam melaksanakan pembelajaran. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang termasuk dalam kategori baik (78,65% ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PAUD-020 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Guru; Pembelajaran Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47269 |