Fidriyanti, Indah (2022) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI yang Memiliki Citra Tubuh Negatif di SMA Negeri 1 Kutalimbaru T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171151011_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1171151011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 1171151011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 1171151011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 1171151011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1171151011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1171151011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1171151011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1171151011_BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
10. NIM. 1171151011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (724kB)
11. NIM. 1171151011_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (781kB)
12. NIM. 1171151011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
13. NIM. 1171151011_BAB V.pdf
Download (128kB)
14. NIM. 1171151011_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (62kB)
15. NIM. 1171151011_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI yang Memiliki Citra Tubuh Negatif di SMA Negeri 1 Kutalimbaru T.A 2021/2022. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu menggunakan desain one grup pre-test and post-test design. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner (angket). Subjek dalam penelitian ini yaitu 8 orang siswa yang memiliki tingkat kategori kepercayaan diri dengan citra tubuh negatif rendah sebanyak 2 orang, kategori sedang sebanyak 4 orang, dan kategori tinggi sebanyak 2 orang yang diperoleh dengan cara perangkingan. Hasil uji validitas menggunakan perhitungan product moment dengan sig = 0.05, dan jumlah responden 34 siswa, diketahui dari 45 butir pernyataan terdapat 25 pernyataan yang dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk pengambilan data penelitian dengan ketentuan r_hitung > r_tabel. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,812 dengan signifikasi sebesar 5%, instrument tersebut dapat dinyatakan sangat reliabel dan dapat digunakan dalam pengambilan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dengan diperoleh nilai Jhitung = 15, dan Jtabel untuk N = 8 dengan nilai α = 0,05 adalah 4. Adapun syarat hipotesis diterima berdasarkan hasil uji Wilcoxon yaitu jika nilai Jhitung > Jtabel di mana 15 > 4 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal ini juga dapat dilihat dari data perhitungan rata-rata pre-test diperoleh skor sebesar 65,88 dan skor rata-rata post-test sebesar 81,88 di mana terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa yang memiliki citra tubuh negatif sebesar 24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tedapat Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI yang Memiliki Citra Tubuh Negatif di SMA Negeri 1 Kutalimbaru T.A 2021/2022.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 2022-BK-039 |
| Keywords: | Bimbingan Kelompok; Self Instruction; Kepercayaan Diri Siswa dengan Citra Tubuh Negatif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 08 Aug 2022 02:30 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 08:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47245 |
