Fidriyanti, Indah (2022) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI yang Memiliki Citra Tubuh Negatif di SMA Negeri 1 Kutalimbaru T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171151011_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1171151011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 1171151011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 1171151011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 1171151011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1171151011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1171151011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1171151011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1171151011_BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM. 1171151011_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 1171151011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI yang Memiliki Citra Tubuh Negatif di SMA Negeri 1 Kutalimbaru T.A 2021/2022. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu menggunakan desain one grup pre-test and post-test design. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner (angket). Subjek dalam penelitian ini yaitu 8 orang siswa yang memiliki tingkat kategori kepercayaan diri dengan citra tubuh negatif rendah sebanyak 2 orang, kategori sedang sebanyak 4 orang, dan kategori tinggi sebanyak 2 orang yang diperoleh dengan cara perangkingan. Hasil uji validitas menggunakan perhitungan product moment dengan sig = 0.05, dan jumlah responden 34 siswa, diketahui dari 45 butir pernyataan terdapat 25 pernyataan yang dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk pengambilan data penelitian dengan ketentuan r_hitung > r_tabel. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,812 dengan signifikasi sebesar 5%, instrument tersebut dapat dinyatakan sangat reliabel dan dapat digunakan dalam pengambilan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dengan diperoleh nilai Jhitung = 15, dan Jtabel untuk N = 8 dengan nilai α = 0,05 adalah 4. Adapun syarat hipotesis diterima berdasarkan hasil uji Wilcoxon yaitu jika nilai Jhitung > Jtabel di mana 15 > 4 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal ini juga dapat dilihat dari data perhitungan rata-rata pre-test diperoleh skor sebesar 65,88 dan skor rata-rata post-test sebesar 81,88 di mana terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa yang memiliki citra tubuh negatif sebesar 24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tedapat Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Instruction Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI yang Memiliki Citra Tubuh Negatif di SMA Negeri 1 Kutalimbaru T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-039 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Self Instruction; Kepercayaan Diri Siswa dengan Citra Tubuh Negatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 02:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47245 |