Rifansyah, Rio (2021) Analisis Kelayakan Modul Pembelajaran Peralatan dan Kelengkapan Gambar Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161121023 COVER.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
2. NIM 5161121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5161121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
4. NIM 5161121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
5. NIM 5161121023 LIST OF.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 5161121023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7. NIM 5161121023 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
8. NIM 5161121023 LIST OF ENCLOUSER.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
9. NIM 5161121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 5161121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (977kB) | Preview
14. NIM 5161121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
Abstract
SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempersiapkan para lulusannya untuk memiliki berbagai ketrampilan yang berkualitas dan dapat diterima industri, Pembelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 percut Sei Tuan pada saat pandemi covid-19 ini menggunakan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang belum memperhatikan prosedur pengembangan yang baik sehigga kualitas bahan ajarnya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran yang dibuat oleh guru bidang studi namun belum sesuai dengan prosedur pengembangan modul yang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang terbagi menjadi beberpa tahap. Adapun tahap-tahap yang dilakukan adalah : 1) analisis kebutuhan, 2) analisis permasalahan, 3) didapatnya modul, 4) analisis modul, 5) uji validasi ahli, 6) analisis data. Populasi penelitian ini berjumlah 64 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tidak terstruktur dan angket tertutup. Pada tahap validasi melibatkan ahli media dan ahli materi sebagai penilai serta penguji tingkat kelayakan modul yang dibuat guru bidang studi tersebut, serta para siswa sebagai respon pengguna modul. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dibuat guru bidang studi tesebut secara keseluruhan layak digunakan sebagai media dan bahan ajar namun harus melalui beberapa revisi dan perbaikan kembali menurut saran dan masukan para ahli media dan ahli materi dalam penelitian ini. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, modul ini dikatakan layak dengan persentase 73%. Menurut ahli materi, modul pembelajaran ini juga dikatakan layak dengan persentase 64%. Berdasarkan hasil uji lapangan respon siswa sebagai pengguna diperoleh kriteria layak dengan persentase 67%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “Modul Pembelajaran Peralatan dan Kelengkapan Gambar Teknik Mesin” ini memang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis, Uji kelayakan, Modul pembelajaran, Gambar teknik mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:22 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47243 |