Tambunan, Desrywanto (2021) Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik SMK N 1 Balige T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141121007 COVER.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
2. NIM. 5141121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5141121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
4. NIM. 5141121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
5. NIM. 5141121007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
6. NIM. 5141121007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7. NIM. 5141121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
8. NIM. 5141121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
12. NIM. 5141121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
13. NIM. 5141121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran menggambar konstruksi geometri kelas X program keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Balige dan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Pengujian produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Kelayakan produk diukur melalui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran. Penilaian produk multimedia interaktif juga dilakukan oleh pengguna (siswa). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa telah menghasilkan produk multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Geometris. Hasil pengujian kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rata – rata skor dari keseluruhan aspek dengan jumlah skor rata – rata 21,00 adalah 4,20 dengan interpretasi “sangat layak”. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata – rata skor dari keseluruhan aspek dengan jumlah skor rata – rata 15,00 adalah 5,00 dengan interpretasi “sangat layak”. Penilaian siswa menggunakan angket user/pengguna dengan uji coba one to one mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,2 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”, uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,24 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”, dan uji coba skala besar mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,34 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”. dalam arti tingkat penerimaan oleh siswa tergolong tinggi. Dengan demikian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia Pembelajaran, Kelayakan Media, Menggambar Konstruksi Geometris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47241 |