Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik SMK N 1 Balige T.A 2020/2021

Tambunan, Desrywanto (2021) Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik SMK N 1 Balige T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5141121007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5141121007 COVER.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5141121007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5141121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5141121007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5141121007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5141121007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5141121007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5141121007 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5141121007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5141121007 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5141121007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5141121007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5141121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5141121007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5141121007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5141121007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5141121007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5141121007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5141121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran menggambar konstruksi geometri kelas X program keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Balige dan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Pengujian produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Kelayakan produk diukur melalui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran. Penilaian produk multimedia interaktif juga dilakukan oleh pengguna (siswa). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa telah menghasilkan produk multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Geometris. Hasil pengujian kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rata – rata skor dari keseluruhan aspek dengan jumlah skor rata – rata 21,00 adalah 4,20 dengan interpretasi “sangat layak”. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata – rata skor dari keseluruhan aspek dengan jumlah skor rata – rata 15,00 adalah 5,00 dengan interpretasi “sangat layak”. Penilaian siswa menggunakan angket user/pengguna dengan uji coba one to one mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,2 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”, uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,24 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”, dan uji coba skala besar mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,34 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”. dalam arti tingkat penerimaan oleh siswa tergolong tinggi. Dengan demikian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Multimedia Pembelajaran, Kelayakan Media, Menggambar Konstruksi Geometris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:13
Last Modified: 05 Aug 2022 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47241

Actions (login required)

View Item
View Item