Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Siswa SMK Swasta Karya Bunda Mandiri Tahun Ajaran 2020/2021

Cahya, Amalia Dwi (2022) Penerapan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Siswa SMK Swasta Karya Bunda Mandiri Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1171151004_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1171151004_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1171151004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1171151004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1171151004_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1171151004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1171151004_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1171151004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1171151004_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1171151004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1171151004_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1171151004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1171151004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1171151004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1171151004_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1171151004_BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1171151004_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1171151004_BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1171151004_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1171151004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan teknik diskusi dan diterapkan melalui layanan penguasaan konten pada siswa SMK Swasta Karya Bunda Mandiri Tahun Ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas X yang memiliki skor kemampuan berfikir kritis yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan mengguakan angket kemampuan berfikir kritis siswa berjumlah 25 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk mlihat peningkatan yang siginifikan dalam pemberian layanan penguasaan konten teknik diskusi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 48 sedangkan data pos-test data diperoleh rata-rata = 75. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung =25 sedangkan Jtabel = 14. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=12, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 25 > 14, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menujukkan bahwa penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik diskusi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMK Swasta Karya Bunda Mandiri Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-037
Keywords: Layanan Penguasaan Konten; Teknik Diskusi; Berfikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:30
Last Modified: 08 Aug 2022 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47239

Actions (login required)

View Item
View Item