Ikhlasunniah, Siti (2021) Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Negeri 01 Panai Hulu T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172111021_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1172111021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM. 1172111021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 1172111021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 1172111021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1172111021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1172111021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1172111021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1172111021_BAB I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 1172111021_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1172111021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD Negeri 01 Panai Hulu T.A. 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Panai Hulu sebanyak 65 orang. Sampel diambil random kelas sebanyak 40 orang. 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang lagi untuk kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk pilihan berganda. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,25. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah 63,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji “t” yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunaan media powtoon dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,258 > 1,707 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan “Ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD Negeri 01 Panai Hulu T.A. 2020/2021” teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-255 |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Animasi Powtoon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:47 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47178 |