Annisa, Rizka (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Tema 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia) Kelas V SD Negeri 11 Rantau Utara T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311113_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311113_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 1173311113_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1173311113_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM. 1173311113_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1173311113_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1173311113_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173311113_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 1173311113_BAB I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. NIM. 1173311113_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 1173311113_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire pada tema 1 (organ gerak hewan dan manusia) subtema 2 manusia dan lingkungan pembelajaran 1 untuk siswa kelas V SD Negeri 11 Rantau Utara T.A. 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon praktisi pendidikan (guru) dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan; (1) Uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi berada pada kualifikasi “Sangat Layak” sebesar 92%, oleh ahli media berada pada kualifikasi “Sangat Layak” sebesar 96%, (2) Uji kepraktisan media pembelajaran oleh praktisi pendidikan (guru) berada pada kualifikasi “Sangat Praktis” sebesar 94%, (3) Uji keefektifan menunjukkan bahwa hasil uji coba pre-test menunjukkan efektivitas mencapai 58,86% yang termasuk ke dalam tingkat capaian “Tidak Efektif” sedangkan uji coba post-test menunjukkan bahwa efektivitas mencapai 89,77% termasuk ke dalam tingkat capaian “Sangat Efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-025 |
Keywords: | Research and Development; Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Tema 1 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 02:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47175 |