PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 1 TIGANDERKET T.P. 2020/2021

Sembiring, Hendriko Lawinta (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 1 TIGANDERKET T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172141006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172141006 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172141006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172141006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172141006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172141006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172141006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172141006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172141006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172141006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172141006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172141006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172141006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penenlitian ex-post facto ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui gaya belajar siswa. (2) Mengetahui hasil belajar siswa. (3) Mengetahui pengaruh gaya belajar secara bersama terhadap hasil belajar siswa Kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tiganderket pada mata pelajaran biologi T.P. 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif dengan pengambilan sampel secara total sampling sebanyak tiga kelas yang terdiri dari 100 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan One Way Annova melalui program IBM SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gaya belajar siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tiganderket didominasi oleh gaya belajar visual dengan persentase 48%, sedangkan gaya belajar auditori dan kinestetik masing-masing sebesar 33% dan 19%. (2) Hasil belajar siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tiganderket terkategorikan tinggi dengan nilai rerata 77, dimana hasil belajar siswa kinestetik memiliki rerata tertinggi sebesar 77,89 diikuti oleh hasil belajar siswa visual sebesar 76,88 dan 77,67 untuk rerata hasil belajar siswa auditori. (3) Tidak ada pengaruh gaya belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII MIA SMA Negeri 1 Tiganderket, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi (Sig.) 0,876 > 0,05 dan nilai Fhitung 0,133 < Ftabel 3,938.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 135
Keywords: Gaya belajar; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:35
Last Modified: 03 Aug 2022 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47168

Actions (login required)

View Item
View Item