Banurea, Ninta Karina (2021) Pengembangan E-Module Pembelajaran Tematik Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311094_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1173311094_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM. 1173311094_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 1173311094_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 1173311094_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1173311094_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1173311094_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1173311094_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 1173311094_BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 1173311094_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 1173311094_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kurangnya ketersediaan bahan ajar tematik di kelas IV SDN 033914 Desa Bintang. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-Module tema 8 pembelajaran tematik berbasis PBL yang layak, praktis, dan efektif digunakan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 033914 Desa Bintang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian dan pengembangan ini membahas tentang kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-Module. Dari hasil validasi ahli desain tahap I, terdapat persentase skor 69,3%, dan pada tahap II terdapat persentase skor 90,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Oleh karena itu, E-Module ini sudah layak digunakan pada siswa. Dari hasil validasi ahli materi tahap I, terdapat persentase skor 66%, dan pada tahap II terdapat persentase skor 92% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dari hasil respon praktisi pendidikan oleh guru kelas IV, terdapat persentase skor 93% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Peneliti melakukan uji efektivitas dan memperoleh nilai rata-rata 83,3 pada nilai post-test dari keseluruhan 12 orang peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa E-Module pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 pembelajaran 1,2,dan 3 yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-018 |
Keywords: | Pengembangan; E-Module; PBL; SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47139 |