Sari, Fitria (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information And Comunication Technology (ICT) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Tema Pengalamanku Di Kelas II SDN 104188 Medan Krio Tahun 2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1161111031 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
2. NIM. 1161111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 1161111031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 1161111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 1161111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6. NIM. 1161111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM. 1161111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. NIM. 1161111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM. 1161111031 BAB I.pdf - Published Version
Download (811kB) | Preview
13. NIM. 1161111031 BAB V.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
14. NIM. 1161111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan pada tema pengalamanku. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, design, develop, dan disseminate. Media di validasi pada aspek materi dan media, dengan subjek uji coba dibatasi hanya kepada guru walikelas II sebagai responden, mengingat penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia termasuk pada lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan hasil penilaian pada aspek kelayakan media dan kelayakan materi, hasil tanggapan guru tentang kepraktisan media pembelajaran dan hasil tanggapan guru wali kelas II setelah ujicoba produk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kelayakan media pembelajaran oleh ahli media sebesar 95%, hasil kelayakan materi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 93%, dan hasil penilaian tanggapan guru
terhadap kepraktisan media pembelajaran sebesar 93%. Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka berdasarkan perolehan skor tersebut media dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada tema “pengalamanku” subtema 1 “Pengalamanku dirumah”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-006 |
Keywords: | Media Pembelajaran; ICT; Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47129 |