Andrianti, Reza (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Motion Graphic 2D Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi “Mengenal Jenis Hewan” Kelas I MI Swasta Yayasan Pendidikan Ikhwanul Muslimin II Kecamatan Percut Sei Tuan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
4. LEMBAR PENGESAHAN HASIL REVISI PADA UJIAN MEMPERTAHANKAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
5. SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
6. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
8. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis animasi 2D pada pembelajaran bahasa indonesia materi “mengenal jenis hewan” untuk siswa kelas I MI Swasta Yayasan Pendidikan Ikhwanul Muslimin II Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar wawancara, angket respon guru, dan tes pre-test, post-test,. Hasil penelitian yang berkaitan dengan kelayakan menunjukkan bahwa hasil ahli media memberikan rata-rata sebesar 97% yang dikategorikan “Sangat Layak” dan hasil yang diberikan oleh ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 93,33% yang dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil penelitian yang berkaitan dengan kepraktisan menujukkan bahwa hasil rata-rata sebesar 96%. yang dikategorikan “Sangat Praktis”. Hasil penelitian yang berkaitan dengan keefektifan untuk melihat hasil belajar siswa bahwa rata-rata sebesar 90,6% yang dikategorikan “sangat efektif” untuk digunakan dalam pembelajaran siswa kelas I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-023 |
Keywords: | Pengembangan,; Media Pembelajaran Berbasis Animasi; Bahasa Indonesia; “Mengenal Jenis Hewan” |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47118 |