Sembiring, Tika Martalena (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul PKK Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162111023 COVER.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
2. NIM. 5162111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5162111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
4. NIM. 5162111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (914kB) | Preview
5. NIM. 5162111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (977kB) | Preview
6. NIM. 5162111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
7. NIM. 5162111023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
8. NIM. 5162111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
9. NIM. 5162111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5162111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5162111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menyusun modul pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) yang sesuai dengan kriteria modul yang telah ditetapkan sebagai bahan ajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri Percut Sei Tuan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bagi siswa, (3) Mengetahui keterbacaan dan kebermanfaatan modul PKK terhadap siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE, meliputi tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media modul melalui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Penilaian modul juga dilakukan oleh pengguna (siswa).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul PKK sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan mengacu pada Kurikulum 2013 revisi yang terdiri dari 6 Bab materi pelajaran. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapat persentase skor 81,61% dengan kategori baik, hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapat persentase skor 95,65% dengan kategori sangat baik, dan hasil pengujian kelayakan oleh ahli bahasa mendapat persentase skor 92% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan angket pengguna yang diisi oleh 15 siswa, memperoleh tingkat kelayakan 85,09% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran PKK layak digunakan siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media, Modul Pembelajaran Elektronik, Bisnis Konstruksi dan Properti, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:04 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47109 |