Syafitri, Khainisa (2021) Pengembangan Media Buku Saku Elektronik Berbasis Mind Mapping Pada Tema 7 subtema 1 Kelas 4 Sd Negeri 104209 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Ta 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311060_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1173311060_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 1173311060_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 1173311060_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1173311060_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1173311060_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173311060_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173311060_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173311060_BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 1173311060_BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 1173311060_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran yakni kesulitannya siswa untuk memahami pembelajaran yang terdapat dibuku ajar tematik. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran dimana mereka hanya sedikit mengerti pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Dan tidak sedikit juga dari siswa yang tidak memperhatikan guru sedang menjelaskan. Sehingga membuat guru menjelaskan pembelajaran dengan berulang kali agar siswa mengerti dari pembelajaran yang sedang berlangsung. Permasalahan lainnya yang terdapat saat dilapangan yakni malas nya siswa membawa buku paket tematik mereka. Ada beberapa siswa yang tidak membawa bukunya berulang kali. Selain itu penggunaan bahasa yang terdapat didalam buku tema yang menyulitkan siswa dalam mengerti. Sehingga diperlukan buku yang dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Buku yang praktis untuk dibawa dan mudah dimengerti oleh siswa. Seperti yang kita tahu bahwa situasi pandemic covid-19 seperti sekarang tidak memungkinkan siswa untuk melakukan proses pembelajaran secara tatap muka disekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan keefektifan Dari Media Buku Saku Elektronik Berbasis Mind Mapping Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas 4 SD Negeri 104209 SAENTIS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Media Buku Saku Elektronik Berbasis Mind Mapping “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata yang diberikan oleh ahli materi 4,4 kategori “Sangat Layak” direntang >4,2 s/d 5,0. Hasil validasi oleh ahli media “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata yang diberikan oleh ahli media 4,9 kategori “Sangat Layak” direntang >4,2 s/d 5,0. Hasil penilaian dari guru “Sangat Praktis” dengan tingkat presentase 94%. Serta dengan berdasarkan hasil nilai pre test dan post test terdapat peningkatan sebesar 18%. Hasil awal pre test adalah 64,25% dan hasil post test 82%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Media Buku Saku Elektronik Berbasis Mind Mapping layak dan efektif untuk digunakan didalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-001 |
Keywords: | Media Buku Saku Elektronik; Mind Mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 03:32 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47108 |