Putri, Syka Afiqah (2022) Usaha Guru Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171113021 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1171113021 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. NIM. 1171113021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 1171113021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 1171113021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 1171113021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 1171113021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 1171113021 BAB I.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
12. NIM. 1171113021 BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM. 1171113021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana usaha guru mengatasi rasa tidak percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Swasta Asmaul Husna Asahan serta mengetahui apakah usaha guru mengatasi rasa tidak percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Swasta Asmaul Husna Asahan sudah optimal. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Swasta Asmaul Husna Jl. Ir H. Juanda Gg Antara, Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan, Prov. Sumatera Utara dengan subjek 7 orang anak usia 5-6 tahun dan 2 orang guru di kelas B TK Swasta Asmaul Husna Asahan . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing(penarikan kesimpulan). Hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama dua bulan di TK Swasta Asmaul Husna Asahan menunjukkan : (1) Usaha guru mengatasi rasa tidak percaya diri anak di TK Swasta Asmaul Husna Asahan dengan memberi pujian atas setiap pencapaian, mengajari anak untuk bertanggung jawab, mengajari anak agar bersikap ramah dan senang membantu orang lain, tidak menegur anak di depan banyak teman, mendukung sesuatu yang menjadi minat anak dan tidak memanjakan anak di kelas B sudah termasuk dalam kategori baik, (2) Rasa tidak percaya diri anak dalam yakin kepada diri sendiri, dari tujuh anak yang telah diteliti dua anak lainnya menunjukkan hasil yang kurang baik. Rasa tidak percaya diri anak dengan tidak bergantung pada orang lain, ketujuh anak yang telah diteliti menunjukkan hasil sudah baik. Rasa tidak percaya diri anak dengan merasa bangga, ketujuh anak yang telah diteliti menunjukkan hasil sudah baik. Rasa tidak percaya diri anak dengan memiliki keberanian untuk bertindak, ketujuh anak yang telah diteliti menunjukkan sudah baik. Rasa tidak percaya diri dengan kemampuan bersosialisasi, dari tujuh anak yang telah diteliti tiga anak lainnya menunjukkan hasil yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PAUD-016 |
Keywords: | Usaha guru; Rasa Tidak Percaya Diri Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:22 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47053 |