PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN

Harahap, Nezlia Sari (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA SWASTA DARUSSALAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126121030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126121030 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126121030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126121030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126121030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126121030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126121030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126121030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126121030 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126121030 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126121030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126121030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126121030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126121030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126121030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126121030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126121030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126121030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126121030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Based Learning dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspository; (2) Perbedaan hasil belajar biologi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan hasil belajar biologi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah; and
(3) Pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Darussalam Medan yang berjumlah 102 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik kelompok secara acak (cluster random sampling) berjumlah 68 siswa. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelompok yaitu, satu kelompok kelas dilakukan dengan strategi Problem Based Learning dan satu kelompok lagi dilakukan dengan strategi pembelajaran Ekspository. Instrumen pengumpulan data digunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 36 butir soal dan memiliki reliabilitas 0,900. Tes kemampuan berpikir kreatif dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai tingkat berpikir tinggi dan rendah. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Uji statistik yang dilakukan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan strategi Problem Based Learning (X ̅= 28,73) lebih tinggi daripada hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspository (X ̅ = 25,38), dengan Fhitung = 10,82 > Ftabel = 2,51; (2) Hasil belajar biologi yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi (X ̅= 28,18) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah (X ̅= 26,75) dengan Fhitung = 2,88 > Ftabel = 2,51; dan
(3) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar biologi dengan Fhitung = 14,90 > Ftabel = 2,51. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi Problem Based Learning lebih tepat dari pada strategi pembelajaran Ekspository dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa, dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi akan memperoleh hasil belajar biologi yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Har p
Keywords: Hakikat belajar; Strategi Pembelajaran; Problem based learning; Pembelajaran ekspository; Berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:15
Last Modified: 26 Apr 2016 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item
View Item